Panwas Desa Pemilu 2024 Jadwal Rekrutment Tugas Wewenang Kewajiban dan Besaran Honor

Panwas Desa Pemilu 2024

Awasi PemiluTahapan pemilu 2024 sudah berlangsung cukup lama dalam tahapan itu perlu dilakuakn pengawasan di semua jenjang yang dilakukan Bawslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten Kota, Panwas Kecamatan, Panwas Desa dan Pengawas TPS.

Dalam rangka pelaksanaan penyelenggaraan pengawasan Pemilihan Umum di tingkat Desa maka perlu dibentuk Panitia Pengawas Pemilu di Tingkatan Desa atau sering disebut Panwas Desa.

Baca juga: Draft Rekrutmen Pengawas Desa Klik Disini.

Pemahaman tentang Kampanye yang merupakan salah satu tugas Panwaslu dalam mengawasi kampanye Disini.

Pendaftaran Panwas Desa 2022 pada pemilu 2024

Pendaftaran Panwas Desa 2022 pada Tahapan Pemilu 2024 belum secara resmi ditetapkan hanya jika melihat dari kebiasaanya Panwas Desa akan dibentuk setelah atau bersamaan dengan Pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), dalam Rekrutmen Panwaslu Desa Pemilu 2024 tentunya memiliki Prinsip yang sama dengan Prinsip Prinsip dalam pembentukan Panwascam Adapun Prinsip Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa diantaranya:

  1. Mandiri;
  2. Jujur;
  3. Adil;
  4. Berkepastian hukum;
  5. Tertib;
  6. Terbuka;
  7. Proporsional;
  8. Profesional;
  9. Akuntabel;
  10. Efektif; 
  11. Efisien;
  12. Aksesibilitas; dan
  13. Afirmasi

Panwaslu Kelurahan Desa

Panwaslu Kelurahan/Desa,  Atau Yang Sering Disebut Juga Dikalangan Masyarakat Pada Umumnya Panwas Desa 2022 Pada Pemilu 2024 Panwaslu Desa 2024 yang mana jika melihat pada Perbawaslu 3 Tahun 2022 Panwaslu Desa Dibentuk Oleh Pengawas Pemilu di Tingkat Kecamatan.

Persyaratan Terbaru Panwaslu Kelurahan Desa

Pada Tanggal 12 Desember Perpu (Peraturan Pemerintah Pengganti ndang Undang Tentang Pemilu telah disahkan dengan Nomor 1 Tahun 2022 yang terdapat bebrapa pasal sisipan Cek Disini.

Masa Kerja Panwas Desa Pemilu 2024

Masa Kerja Panwas Desa pemilu 2024 tentunya setelah ditetapkan sampai dengan bulan dimana pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan. Jika melihat jadwal Pemilu dan Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan untuk Pemilu 14 Februari 2024 sedangkan dimungkinkan untuk Pilkada akan jatuh pada Bulan November 2024 yang sehingga waktu masa Kerja Panwas Desa akan berlangsung untuk Pemilu 2024 Ini selama kurang lebih 17 atau 18 Bulan terhitung dari sejak pembentukan atau ditetapkan sebagai Pengawas Desa.

Jumlah Panwas Desa Berapa Orang

Jumlah Panwaslu Kelurahan Desa atau dengan nama lain Panwas Desa Berapa Orang hal itu merujuk Pada Pasal 56 Ayat 2 Bahwa Jumlah anggota Panwas Desa adalah 1 orang.

Tugas dan Wewenang Panwaslu Desa

Dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban melakukan Pengawasan Pemilu dan Pemilihan di wilayah kelurahan/desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Pasal 56 secara tugasnya Panwaslu Kelurahan/Desa melaksanakan:

  1. Pengawasan tahapan Pemilu dan Pemilihan; 
  2. sosialisasi Pengawasan tahapan Pemilu dan Pemilihan;
  3. penerimaan dan penyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu dan Pemilihan kepada Panwaslu Kecamatan;
  4. pemantauan dan pembinaan Pengawas TPS; dan
  5. penyusunan laporan hasil Pengawasan Pemilu dan Pemilihan.

Gaji Panwaslu Desa atau Honor Panwaslu Desa Pemilu 2024

Sebagai Pengawas pada tahapan pemilu 2024 di lingkungan desa orang yang terpilih akan diberikan gaji sebagai imbalannya adapaun Gaji Panwaslu Desa atau dikenal juga dengan Honor Panwaslu Desa Pemilu 2024 sebesar Rp 900 ribu perbulan jika gajinya sama dengan gaji panwaslu desa pada gelaran Pilkada 2020. “PKD ini akan bekerja membantu Bawaslu selama delapan bulan dan akan mendapatkan gaji serta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga Kisi-Kisi Tes Wawancara Pembentukan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) klik disini

Model Pengawasan Panwaslu Kelurahan Desa Klik Disini.

Note:

Untuk jadwal Tetap Pasti Pembentukan Pengawas Desa akan di Informasikan dikemudian Hari.

Untuk mempersiapkan diri kala ingin menjadi Panwas Desa perlu mengetahui Tugas Panwas Desa klik disini atau mengetahui Tugas Wewenang dan Kewajiban Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pada Pemilu 2024 klik disini


Baca juga Contoh Kumpulan Soal Tes Tulis Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) klik disini

Baca Juga Jadwal Tahapan Pembentukan PPS (Panitia Pemungutan Suara) klik disini
Latihan Soal Terbaru Untuk PPS Disini Komplit Tentang Pengetahuan Kebangsaan Kepemiluan Disini 

Bersama Rakyat Awasi Pemilu

Semoga Informasi Ini Bisa Memberikan Manfaat.

Referensi:

PERPU No 1 Tahun 2022
www.bawaslu.go.id

Editor:

Admin Awasi Pemilu