Saran Pencarian

KPU Tetapkan Daftar Pemilih Tetap untuk Pemilu 2024, Jumlah Calon Pemilih Terbanyak dalam 20 Tahun Terakhir

www.awasipemilu.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 pada tanggal 2 Juli 2023.

Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024: Data dan Fakta

Jumlah Calon Pemilih Terdaftar Mencapai Rekor dalam 20 Tahun Terakhir

www.awasipemilu.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 pada tanggal 2 Juli 2023.

Pemilu - www.awasipemilu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 pada tanggal 2 Juli 2023. Penetapan ini mencatatkan prestasi baru dengan jumlah calon pemilih terbanyak dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, di mana lebih dari 204 juta pemilih terdaftar untuk mengikuti pemilu mendatang.

Provinsi-Provinsi dengan Jumlah DPT Terbesar di Pemilu 2024

Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten menjadi lima provinsi dengan jumlah DPT terbesar di seluruh Indonesia dalam Pemilu 2024. Keseluruhan jumlah DPT dari kelima provinsi ini mencapai lebih dari 50 persen dari total calon pemilih, menandakan bahwa kemenangan di provinsi-provinsi tersebut akan menentukan keberhasilan calon presiden atau partai politik di tingkat nasional.

Pulau Jawa tetap menjadi wilayah dengan perolehan suara terbesar, di mana 56 persen calon pemilih terkonsentrasi di wilayah ini.


Pengaruh Generasi Muda dalam Pemilu 2024

KPU juga mencatat bahwa sekitar 51,9 persen dari total calon pemilih berusia di bawah 40 tahun. Lebih rinci lagi, 31,2 persen dari mereka berada dalam kelompok usia 17-30 tahun, sementara sisanya terdiri dari kelompok usia 31-40 tahun dan pemilih yang belum mencapai usia 17 tahun namun sudah menikah. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda memiliki peran penting sebagai ladang suara bagi calon presiden dan partai politik.

Dengan penetapan DPT untuk Pemilu 2024, KPU telah menetapkan landasan yang kuat untuk pelaksanaan pemilihan yang adil dan demokratis. Dengan jumlah calon pemilih yang mencatat rekor dalam dua dekade terakhir, serta peran signifikan provinsi-provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten, pemilu mendatang akan menjadi arena kompetisi politik yang menarik dan menentukan arah masa depan negara ini.

Daftar Pemilih PEMILU
Nayab Kurataf
Nayab Kurataf
Penulis, Editor Media Online awasipemilu.com
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.