Lainnya
Notifications
Translate Page

Pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z pada Pemilu 2024

Pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z pada Pemilu 2024

Awasi Pemilu - Pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z pada Pemilu 2024 akan berlabuh sangat penting untuk diketahui sebab  hampir 50% lebih pemilih berasal dari golongan mereka.

Generasi Milenial adalah istilah yang merujuk kepada generasi yang lahir antara tahun 1980 hingga 1995. Mereka juga dikenal dengan sebutan Generasi Y. 

Generasi Milenial merupakan kelompok usia yang memasuki masa dewasa pada era digital dan teknologi informasi yang berkembang pesat. Mereka tumbuh dan hidup di tengah perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang signifikan. 

Sedangkan Generasi Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1996 hingga 2012. Generasi ini juga dikenal dengan sebutan "iGen" atau "Generasi Digital". 

Generasi Z tumbuh dan hidup di era teknologi yang sangat maju, di mana internet, media sosial, dan perangkat mobile telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Mereka memiliki akses yang luas terhadap informasi dan teknologi, serta terbiasa dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Kaum milenial dan Z akan menjadi mayoritas di dalam pileg 2024 dimana diprediksi mereka akan mencapai angka 55% lebih atau mencapai melebihi mayoritas, dengan dasar ini Partai Politik dan Caleg harus tahu perilaku mereka yang akan menentukan pada pilihannya pada Pemilu 2024.

Lalu bagaimana kira-kira tipsnya agar milenial dan genset mau memilih para caleg? 

Pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z pada Pemilu 2024

Berikut ini pola pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z dalam memilih:

1. Tidak Terikat Pada Ideologi dan Partai Politik 

Kaum Milenial dan Generasi Z tidak berorientasi kepada ideologi maupun partai politik, mereka tidak peduli partai politik atau ideologinya, apakah ideologi nasionalis, apakah ideologinya keagamaan atau platform platform partai politik, 

Generasi Milenial dan Z lebih tertarik dan menganggap penting figur dari sang caleg yang akan dipilih. Untuk itu penting bagi Caleg dan Partai Politik untuk menggunakan media sosial dan teknologi digital memperkenalkan visi dan misi.

2. Pengguna Internet 

Ciri dari Generasi Milenial dan Z adalah mereka pengguna internet aktip. mereka akan mencari di internet rekam jejak atau track record dari calon-calon legislatif yang akan mereka pilih. 

Dengan kecanggingan teknologi informasi mereka akan mengecek satu persatu trek record, rekam jejak, kredibilitas,visi, misi termasuk ide dan gagasan dari sang caleg tersebut.

3. Tidak Terpengaruh Politik Uang 

Generasi Milenial dan Z tidak terlalu terpengaruh dengan politik uang artinya mereka betul-betul akan memilih yang sesuai dengan pilihan preferensi dan hati nurani mereka berdasarkan hasil pencarian informasi mereka tadi. Artinya kalau mereka diberi uang sekalipun mereka tidak akan merubah pilihan mereka bila mereka sudah mempunyai pilihan berdasarkan hasil pencarian mereka tadi. 

4. Fleksibilitas dan Mobilitas 

Milenial dan Generasi Z cenderung memiliki gaya hidup yang fleksibel dan mobilitas tinggi. Mereka lebih terbuka terhadap perubahan dan memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat. Untuk itu penting bagi para Caleg untuk membawa ide-ide baru dan menjadi agen perubahan jika ingin mengambil hati mereka.

Demikian artikel Pilihan Generasi Milenial dan Generasi Z pada Pemilu 2024 ini dibuat, semoga bermanfaat.
Nayab Kurataf
Penulis, Editor Media Online awasipemilu.com